Kamis, 16 Juli 2015

Buku Keren Yang Harus Dibaca

Seperti kata pepatah bahwa buku adalah jendela dunia, ucapan itu betul adanya sebab kita menjadi banyak tahu tentang berbagai hal. Terlebih lagi buku ialah buah pikir seseorang yang telah masak dan dituangkanlah lewat sebuah tulisan, sehingga kita mendapat informasi secara efektif dan efisien. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan daftar bacaan yang wajib anda baca: 


1. The Magic of The Reality (Richard Dawkins)
Buku sains populer yang sangat lengkap yang harus dimiliki bagi setiap pembaca, karena menyajikan berbagai pembahan menarik mengenai apa saja fenomena yang terjadi pada kehidupan manusia di alam semesta ini. Mulai dari pembahasan mengenai siapa itu manusia, siapakah manusia pertama, sampai bagaimana planet ini berjalan dengan sendirinya. Penulis menerangkan melalui pendekatan mitos terlebih dahulu, selanjutnya dengan penjelasan ilmiah.
2. Dunia Sophie (Jostein Gaarder)
Buku ini merupaka sebuah novel filsafat yang dikemas dengan apik dan enak dibaca. Membuat pembaca yang awam mengenai filsafat akan mudah memahami makna filsafat. Melalui dialog antar karakter dalam novel tersebut, penulis mencoba menyajikan teori filsafat dengan mudah dan sangat keseharian sekali sehingga pembaca dapat ikut berfilsafat di dalamnya.
3. Gadis Jeruk (Jostein Gaarder)
Buku ini menceritakan seorang lelaki yang mencari cinta dan makna hidupnya di dunia. Tentu ini merupakan sebuah buku novel roman, namun tidak hanya menampilkan sisi percintaan tetapi juga menampilkan persoalan filosofi seperti kenapa kita hidup di alam semesta yang begitu luas ini. buku ini membahas tema-tema seperti  kisah cinta, filsafat hidup, dan astronomi.
4. Dunia Anna (Jostein Gaarder)
Buku yang menceritakan seorang anak yang mendapat pesan dari nenek buyutnya. Novel ini mengangkat tema tentang lingkungan alam yang rusak oleh perilaku manusia. Buku yang mengajak pembaca untuk merenungkan kembali eksistensi manusia dan semesta.
5. The Grand Design (Stephen Hawking)
Buku yang memperlihatkan bagaimana cara alam semesta ini bekerja dengan sendirinya. Penulis memberikan contoh-contoh dan teori yang membenarkan bahwa alam semesta ini sangat unik dan istimewa. Buku sains populer ini mau membuktikan bahwa tatanan bumi atau alam semesta ini sudah ada demikian tanpa campur tangan siapa pun. Buku ini mengusung tema sains, astronomi, dan religion. 
6. The Geography of Bliss (Eric Weiner)
Buku dokumenter ini mengisahkan perjalanan penulis menyusuri negara-negara yang katanya memiliki kebahagiaan tertinggi. Namun, sepanjang jalan penulis melihat bahwa setiap negara mempunyai masalah yang mungkin kita tidak sadari. Buku ini mengusung perpaduan psikologis, sains, dan humor, tentu ringan untuk dibaca.
7. Thinking Fast and Slow (Daniel Kahneman)
Buku ini menyajikan sebuah putusan untuk seorang yang bergerak dalam dunia bisnis. Pasalnya seorang pebisnis atau ekonom harus cepat mengambil tindakan. Buku ini sangat unik karena memberikan pendekatan yang baru, yaitu melihat melalui prespektif psikologi. Dengan demikian, buku ini membahas bidang ekonomi, psikologi, dan sains.
8. The Black Swan (Nassim N. Taleb)
Masih buku tentang ekonomi, namun buku ini menampilkan bagaimana ilmu ekonomi dapat keliru. Kekeliruan itu kerap kali terjadi dalam setiap pengambilan keputusan kejibakan yang dilakukan oleh seorang ekonom itu sendiri. Penulis memperlihatkan faktor-faktor apa saja yang membuat ilmu ekonomi terjatuh dalam kekeliruannya. Buku ini mengangkat tema sains, ilmu ekonomi, dan statistika.



Daftar buku yang saya sajikan di atas tentu saja menurut sudut pandang saya bagus dan keren. Namun, apa salahnya bila anda baca buku-buku tersebut dari pada buang-buang waktu untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat, lebih baik kita mencari informasi sebanyak mungkin supaya kita tidak gambang terjerat dalam suatu pemikiran yang sempit. Buku-buku itu dapat anda cari di toko buku terdekat, bila kesulitan mencari, coba saja kunjingi website toko buku yang ada atau berkunjung ke tukang pengepul buku lama.


*Notes
Hijau=Ringan Dibaca
Kuning=Sedikit Sulit Dibaca
Merah=Sulit Dibaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar